Kenapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak? 

Kenapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak? 

  • Post author:
  • Post category:Tips

Sebagai pengguna ponsel tentu saja kerap merasakan HP tiba-tiba lambat sehingga terasa begitu mengganggu. Tentu Anda bertanya-tanya kenapa HP Lemot padahal memori masih banyak. Pertanyaan ini pun seringkali ditujukan tentang kinerja sebuah ponsel. 

Kenapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak?

Penyebab HP lemot sebenarnya menjadi salah satu proses yang wajar seiring dengan berjalannya waktu. Ada beberapa kali kemungkinan bisa menyebabkannya. Untungnya, beberapa diantaranya dapat Anda cegah sendiri baik bagi pengguna Android maupun iOS. 

Kenapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak? 

1. Banyak Aplikasi Aktif

Menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, kebiasaan dari pengguna ponsel pun kerap langsung menutupnya dari tombol Home sehingga memaksa apk tersebut tertutup. 

Banyaknya aplikasi yang terbuka nyatanya secara langsung bisa menguras kapasitas RAM. Mengingat bahwa RAM penuh bisa membuat HP berjalan lebih lambat. Cobalah untuk menutup aplikasi tidak penting agar tidak membuatnya lemot. 

2. Pemakaian Widget yang Berlebihan

Tak hanya dikarenakan aplikasi yang cukup banyak dibuka, namun pemakaian animasi dan widget secara berlebihan pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Banyaknya aktivitas pemenuhan bandwidth dan refresh nyatanya juga dapat berpengaruh pada kapasitas RAM. 

Pemakaian widget dan wallpaper yang bergerak nyatanya bisa menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi Anda perlu memastikan agar bisa membatasi pemakaian jumlah widget guna mengoptimalkan RAM. 

3. Kualitas Memori Eksternal

Tidak hanya dipengaruhi memori internal saja, HP lemot pun dapat diakibatkan oleh kualitas memori eksternal yang kurang baik. Masalah ini terletak pada kapasitasnya cukup rendah sehingga membuat HP berjalan lebih lambat. 

Hal ini dikarenakan memori yang berkualitas rendah akan menyebabkan RAM bekerja lebih keras. Semakin rendah kualitasnya, maka kian lambat juga memori perlu dibaca oleh sistem dan RAM. Jadi Anda perlu berhati-hati saat memilihnya demi menyesuaikan kualitasnya. 

4. Aplikasi dan Software Tidak Update

Tidak hanya OS saja, aplikasi yang ada di dalam HP Anda pun juga perlu diperbaharui. Faktanya, seiring peningkatan fitur di dalam sebuah apk membuat para pengembang cenderung menjadi lebih malas untuk mengelola sumber daya. 

Begitu juga berlaku pada software yang lama tidak segera update. Perlu Anda tahu jika Android dijalankan pada versi Android lebih lama akan membuatnya lebih lambat dari waktu ke waktu. Sama halnya seperti fikrirasy.id menyebut bahwa hal ini disebabkan akibat pembaruan terjadi terus menerus. 

Pertanyaan tentang kenapa HP Lemot padahal memori masih banyak memang seringkali muncul. Anda pun bisa saja memasang aplikasi tambahan untuk mengoptimalkan RAM atau mencoba cara lain. Satu hal paling penting adalah rajin menghapus file cache agar tidak terlalu menumpuk.

Sumber : https://livaza.com