Suatu konflik akan berkembang menjadi kekerasan apabila

Suatu Konflik Akan Berkembang Menjadi Kekerasan Apabila?

  • Post author:
  • Post category:Tips

Suatu konflik akan berkembang menjadi kekerasan apabila masyarakat mengabaikan norma dan nilai yang berlaku. Mengapa bisa begitu? Untuk mengetahui jawabannya baca artikel ini sampai selesai ya!

Suatu konflik akan berkembang menjadi kekerasan apabila ?

Norma merupakan sebuah aturan yang  tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat dengan fungsi untuk mengatur tatanan dan tingkah laku manusia. Misalnya seorang anak harus berbakti kepada orang tuanya dan mematuhi perintahnya.

Perlu Anda ketahui bahwa norma sosial memiliki ciri-ciri yaitu umumnya tidak tertulis, merupakan hasil dari kesepakatan bersama antar anggota masyarakat, sanksi berupa hukuman, dapat mengalami perubahan sesuai kondisi.

Sedangkan fungsi norma yaitu sebagai alat untuk mengatur tingkah laku masyarakat, menjadi dasar dalam pemberian sanksi kepada orang yang melanggarnya, untuk menjaga ketertiban dan keadilan.

Apa Itu Nilai Sosial?

Nilai sosial yaitu petunjuk-petunjuk umum yang berlaku di masyarakat tentang baik buruknya sesuatu. Misalnya Adi lewat didepan orang yang lebih tua tanpa mengucapkan permisi. Maka dapat disimpulkan bahwa perilakunya kurang baik.

Nilai sosial memiliki berbagai macam fungsi yaitu dapat dijadikan sebagai alat untuk menentukan kelas sosial, memotivasi individu agar mau melakukan sesuatu, mendorong masyarakat saling bekerja sama.

Setelah mengetahui pengertian norma dan nilai dapat disimpulkan bahwa suatu konflik akan berkembang menjadi kekerasan apabila masyarakat sengaja mengabaikan dan melanggar  kedua hal tersebut.

Jenis-jenis Norma

Norma agama merupakan aturan yang bersumber dari Tuhan yang maha esa, sehingga orang yang melanggarnya secara tidak langsung telah menentang sang pencipta. Dimana kandungan nilai-nilainya sudah tertulis dalam kitab suci masing-masing pemeluk.

Norma kesusilaan adalah aturan yang bersumber dari hati nurani manusia, apabila melanggarnya maka  menimbulkan perasaan bersalah. Misalnya berbohong kepada kedua orang tua, tidak menghargai teman.

Norma hukum merupakan aturan yang dibuat oleh lembaga berwenang. Dengan tujuan untuk memastikan adanya keadilan yang diperoleh individu ketika melakukan kejahatan dan menciptakan lingkungan tentram, aman dan damai.

Konflik akan berkembang menjadi kekerasan apabila masyarakat sengaja mengabaikan norma dan nilai yang berlaku. Maka dari itu  supaya tidak terjadi taati semua peraturan yang telah dibuat dengan ikhlas.

sumber : https://gokemedia.com